Minggu, 07 November 2010

FILSAFAT TERTAWA

HAPPY AJA BROOOOOW
KITA NJALANIN NIH HIDUP 
KEYYY .......?
Sejuta Manfaat Tertawa  
Tertawa mampu mengaktifkan sejumlah otot tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan. 

  VIVAnews - Tertawa merupakan pengalaman umum manusia. Lebih dari itu, ekspresi kegembiraan ini memiliki manfaat secara medis yang bersifat menyembuhkan. Bahkan bermanfaat bagi kecantikan.
 etika tertawa lepas, seluruh elemen tubuh aktif mulai dari telinga, otak, hingga otot dan sendi tubuh. Dalam kondisi itu, tubuh mengeluarkan hormon dopamin, pemicu rasa bahagia, yang segera menjalar ke seluruh jaringan.
 - Selama tertawa, 15 otot di wajah akan berkontraksi sehingga meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, dan memancarkan cahaya.
 - Tertawa juga memperlancar aliran darah ke sekitar mata dan mengaktifkan saluran air mata. Itulah mengapa manusia bisa menangis saat tertawa terbahak-bahak. Hasil studi mengungkap, keluarnya air mata, baik dalam keadaan sedih maupun sukacita mengurangi tingkat stres.
 - Air liur orang yang sering tertawa ternyata memiliki imunitas lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang tertawa. Studi Loma Linda Lee Berk menunjukkan, liur orang yang tertawa memiliki agen pembunuh T-sel yang lebih banyak dan meningkatkan kekebalan tubuh.
 - Tertawa terbahak-bahak juga menguatkan diafragma atau otot di bawah paru-paru. Otot ini memompa dan mengisi paru-paru dengan udara. Tertawa terbahak-bahak mempercepat aliran oksigen ke paru-paru.
 - Tertawa akan mempertahankan kadar gula dalam darah sehingga baik bagi penderita diabetes. Dalam penelitian terbaru kardiolog Michael Miller dari University of Maryland, tertawa saat menonton film komedi mempengaruhi kontraksi endotelium yang mengurangi produksi hormon stres.
 - Efek analgesik tertawa meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Riset Lily Tomlin menemukan, orang yang benar-benar tertawa selama 20 menit bisa menolerir rasa sakit akibat manset ketat.
 - Tertawa adalah olahraga karena membuat otot tegang dan melentur bergantian. Detak jantung cepat dan tekanan darah meningkat saat tertawa dan kembali menurun setelahnya. Tertawa menggantikan olahraga jalan sejauh dua mil bagi lansia dan orang sakit.
 - Perut rata. William Fry juga menemukan tertawa membuat perut lebih langsing seperti saat mengayuh dayung selama 10 menit. Setelah diukur, tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat otot perut berkontraksi, sama ketika atlet sedang mendayung.
 - Tertawa bikin ramping. Pada saat tertawa, denyut jantung naik 10-20 persen dan membakar 1,3 kalori per menit. Tertawa selama 15 menit setiap hari selama satu tahun akan mengurangi kalori hingga dua kiligram.
 Tertawa bikin awet muda. Apa iya? Yang jelas, bukan cuma manusia yang memiliki kemampuan tertawa dan tersenyum. Spesies primata lain ternyata juga bisa melakukan keduanya. Ini merupakan jenis perilaku yang merespon sinyal dalam suatu kelompok ketika ada emosi yang positif. Tertawa juga mengurangi stres dan berperan mempererat hubungan dalam kelompok.
 Humor yang memicu tawa pada manusia memiliki beberapa tahap. Ketika menyimak suatu humor, kita memasuki tahap dimana kita berharap ada kejutan di bagian akhir. Lalu pikiran kita mulai mencari pemecah masalah, menginterprestasikan kejutan. Akhirnya otak kita berhasil mengapresiasi tahap-tahap tadi dan merespon dalam bentuk tawa.

Obat Terbaik
Adalah domapin, bahan kimia dalam otak yang bertanggungawab memicu otak untuk memulai tahapan mencerna suatu humor. Dopamin ini memungkinkan kita merasa nyaman saat kita tertawa. Beberapa studi mendemontsrasikan perbaikan kondisi kesehatan pasien yang kronis saat distimulasi dengan hal-hal lucu. Maka pepatah yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat terbaik sungguhan terbukti.

Tertawa Penghilang Stress

JIKA Anda sedang mengalami stres dan ingin menghilangkannya dengan mudah,maka lakukan dengan tertawa.Kok tertawa? Ternyata tertawa merupakan obat paling efektif.Terapi santai ini baik untuk kesehatan,selain mudah,juga sangat murah.
 Anda mau mencobanya? Rutinitas dan aktivitas sehari-hari yang kita lakukan terkadang membuat diri menjadi tidak sehat. Sehat yang baik tidak hanya bisa dilihat dari fisik saja, tetapi juga dari psikis, batin atau mental.Jika psikis kita tidak sehat, maka mungkin saja akan berdampak pada kehidupan sehari-hari yang dapat menurunkan kualitas hidup. Stres menjadi penyakit yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Stres merupakan perasaan tertekan.
 Kondisi kurang mengenakan ini sering kali membuat orang mudah tersinggung,mudah marah,dan konsentrasi pekerjaan menjadi terganggu.Perasaan tertekan yang terjadi pada setiap orang juga berbeda- beda. Levelnya bergantung pada masalah yang dihadapi dan kemampuannya menyelesaikan masalah tersebut. Semua orang bisa mengalami stres.Perasaan tersebut tidak hanya dirasakan kalangan menengah ke bawah yang terhimpit masalah ekonomi, juga dialami orang yang hidup berlebihan. Begitu juga dengan jenis kelamin atau usia penderitanya. Wanita,pria,anak-anak, maupun dewasa dapat mengalaminya.

Segala cara pun kadang dilakukan untuk menghilangkan stres. Padahal, untuk menjadi sehat dan terhindari dari stres, ternyata mudah obatnya,salah satunya dengan tertawa. Berdasarkan penelitian, dengan tertawa selama 5 sampai 10 menit saja, maka dapat merangsang pengeluaran ketiga zat yang merupakan zat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang. Zat tersebut ialah endorphine dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metanonin. “Memanfaatkan kekuatan positif dengan tertawa dapat dilakukan untuk menghadapi setiap tekanan yang ada di dalam kehidupan kita,”
 Micha menuturkan, berdasarkan hasil risetnya yang mengikuti terapi tawa, sebelum terapi tawa diberikan, beberapa peserta merasakan ketegangan dan kejenuhan di dalam aktivitas mereka sehari- hari. Beberapa peserta lainnya mengatakan, kelelahan dan emosi menjadi naik turun karena adanya tekanan atau tuntutan yang tidak bisa mereka hindari dalam kehidupan sehari-hari. Sesudah melaksanakan terapi relaksasi emosi dan terapi tawa, peserta merasakan kedamaian,ketenangan batin,tubuh lebih rileks, pundak dan leher terasa lebih ringan, sukacita yang dalam dan memiliki perasaan yang lebih tenang. Dengan begitu, mereka dapat kembali berkonsentrasi dalam menghadapi tantangan atau tuntutan dalam kehidupan seharihari.
 Artinya, tertawa adalah stres yang positif dan meningkatkan kualitas hidup.Tawa mempunyai sebuah mekanisme bawaan yang mendorong dua langkah stimulasi dan relaksasi karena pelepasan zat-zat adrenalin dan nonadrenalin. Hal ini menciptakan perasaan sejahtera dengan menghilangkan stres dan ketegangan kecil dalam kehidupan sehari-hari. “Tawa juga mengurangi kecemasan, ketegangan,dan depresi,”ucapnya. Berbeda dengan halnya tertawa, terapi tawa tidak semudah dilakukan seperti halnya tertawa pada umumnya.
 Karena pada saat melakukan terapi tawa, orang tersebut harus tertawa tanpa sebab.Hal tersebut bisa dikatakan tidak mudah karena berkaitan dengan faktor psikologis, juga sifat seseorang. Ada orang yang pendiam, pemalu, atau gengsian. Itu sebabnya para pasien diharapkan bisa melakukan dan berucap kata syukur serta berusaha untuk lebih baik agar terapi tawa ini mudah berhasil. Karena dengan berucap rasa syukur misalnya, ketenangan jiwa pun didapat dan senyum pun lebih mudah mengembang
 Tertawa merangsang dan meningkatkan pelepasan endorphin, "hormon bahagia" tubuh. Tertawa juga meningkatkan sejumlah sel yang memproduksi antibodi dan meningkatkan efektivitas T-Cells (sel yang masuk ke dalam grup sel darah putih yang diketahui sebagai limfosit dan memainkan peran utama pada sistem kekebalan tubuh) dalam tubuh. Hal ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu mengurangi gejala tekanan fisik.
 Menurut Katrina, "Tertawa adalah cara yang sangat baik untuk melepaskan ketegangan dan dapat dengan mudah mengubah fokus dan membantu mengalihkannya dari beberapa persoalan rumit, karenanya ada perkataan: 'saya terlalu banyak tertawa sampai menangis.'

"Tertawa dalam hal apa pun adalah penawar racun yang mujarab atas obsesi tragedi dan malapetaka… Saya berpikir akan sangat luar biasa untuk membuat "stan tawa" di mana-mana yang tidak dipungut biaya, sehingga Anda bisa tertawa saat situasi hati Anda sedang tegang!"
 Terapi tawa mencakup sesi kelompok yang berfokus untuk memperoleh gelak tawa terpingkal-pingkal dalam usaha membantu orang-orang melihat sisi kehidupan yang lebih ringan.
 Seseorang yang mencari beberapa hiburan dari tekanan masyarakat modern dapat datang bersama-sama untuk sesi tawa sesungguhnya. Sesi sering diawali dari orang inti yang memulai jenis tawa tertentu, misalnya, "tawa bertenaga" atau "tawa etiket kantor", dan kelompok akan menjawab dengan versi mereka sendiri. Tawa "pura-pura" ini akan menciptakan momentum untuk tawa yang sesungguhnya dan dengan demikian terapi akan berjalan.

Pagi hari adalah waktu yang tepat bagi kelompok tertawa untuk berlatih, sebab pagi hari dapat menetapkan suasana hati yang riang untuk sisa hari itu. Beberapa perusahaan menggunakan terapi tawa sebagai aktivitas pembentuk tim.

Jika bergabung dengan kelompok terapi tawa tidak sesuai dengan kepribadian Anda, Anda tetap dapat tertawa, ada banyak cara untuk menggali endorphin. Menyewa DVD komedi adalah awal yang baik atau berkumpul dengan teman yang dapat membuat Anda tertawa.

Anda bahkan bisa mencoba melakukan beberapa "terapi tawa sendiri"? Cobalah beberapa tawa gila-gilaan dan lihatlah seberapa cepat momentum itu dibangun dan tawa cekikikan mulai mengalir. Sebelum Anda sempat menyadarinya, Anda akan tergelak dengan sendirinya dan Anda akan merasa jauh lebih baik juga!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar